MEMULAI PRODESKEL PMD
MASUK KE APLIKASI (LOGIN / SIGN IN)
Aplikasi ini merupakan sistem informasi yang berbasis web sehingga untuk
mengaksesnya membutuhkan koneksi internet. Alamat untuk mengakses
aplikasi ini adalah : prodeskel.pmd.kemendagri.go.id.
Setelah menuliskan alamat aplikasi ini di bar alamat peramban web, maka
sistem akan merespon dengan menampilkan halaman beranda seperti gambar
di bawah ini.
Gambar 2.1 Halaman Beranda.
Otentikasi pengguna merupakan syarat untuk masuk ke dalam aplikasi ini
dan merupakan bagian dari keamanan dasar bagi sebuah sistem informasi
berbasis web.
Gambar 2.2 Menu Otentikasi Pengguna.
Dalam halaman otentikasi pengguna harus memasukkan kode registrasi atau
nama pengguna di kotak teks Kode Registrasi dan kata sandi pada kotak
teks Kata Sandi. Jika Kode Registrasi dan Kata Sandi tidak cocok dengan
Kode Registrasi dan Kata Sandi dalam basisdata aplikasi ini, maka sistem
akan menolaknya dan jika cocok maka sistem menampilkan halaman sebagai
berikut :
1. Klik tombol Masuk
2. Isi Kode Registrasi dengan kombinasi angka :
a. 10 digit untuk pengguna tingkat Desa/Kelurahan atau
b. 7 digit untuk pengguna tingkat Kecamatan
c. 4 digit untuk pengguna tingkat Kabupaten/Kota
d. 2 digit untuk pengguna tingkat Provinsi
e. Nama login untuk pengguna yang melakukan registrasi di Datakini
3. Isi Kata Sandi dengan kata sandi yang benar
4. Klik tombol Kirim
Jika Kode Registrasi dan Kata Sandi benar dan cocok dengan basisdata
selanjutnya halaman berubah dengan halaman berikut ini (untuk pengguna
tingkat desa/kelurahan) :
Gambar 2.3 Halaman Beranda Pengguna Tingkat Desa/Kelurahan.
2.2 KELUAR DARI APLIKASI (LOGOUT / SIGN OUT)
Untuk menjaga keamanan sistem dari pihak-pihak yang berniat “jahat“
sebaiknya setelah selesai dengan seluruh kegiatan pengguna mengamankan
data yang sudah dientri dalam sistem ini yaitu dengan cara :
• Klik menu Keluar
• Sistem akan kembali ke halaman Beranda awal
• Seluruh data yang ada tidak dapat dimodifikasi oleh siapapun
ANATOMI SISTEM
Sistem informasi ini dibuat secara khusus sesuai dengan pesanan
(Customized) untuk memenuhi kebutuhan data dan informasi. Sistem ini
dibuat dengan menggunakan teknologi pemrograman terkini yang berbasis
PHP sehingga dapat memberikan kemudahan bagi pengguna sistem. Secara
garis besar sistem ini mempunyai anatomi sebagai berikut :
Gambar 3.1 Anatomi Sistem.
Penjelasan bagian-bagian anatomi dalam sistem ini adalah sebagai berikut :
• Banner aplikasi ini: Sebuah gambar grafis yang menunjukkan identitas sistem ini
• Bar Menu Atas : Bar yang digunakan untuk menempatkan menu-menu
pokok dan laporan yang berhubungan dengan pengguna yang aktif
• Bar Menu Samping : Bar yang digunakan untuk menempatkan menu-menu laporan per sektor yang bersifat umum
• Kontainer : Penyusunan informasi per kelompok dalam kotak
• Halaman Data : Halaman yang digunakan untuk menampilkan data atau informasi
Secara skematis rancangan antarmuka dalam sistem ini adalah sebagai berikut :
Gambar 3.2 Skema Antarmuka Sistem.
3.1 BAR MENU ATAS
Bar Menu Atas adalah bagian dari halaman sistem untuk menempatkan menu
dan submenu secara horizontal. Menu dan submenu yang diletakkan dalam
Bar Menu Atas ini biasanya berhubungan dengan pengguna yang aktif yaitu
untuk Entri, Edit, Hapus data dan laporan-laporan. Akses menu dan
submenu dilakukan dengan cara menempatkan kursor diatas menu, secara
otomatis sistem akan menampilkan submenu yang terdapat di dalamnya.
Eksekusi dilakukan dengan cara melakukan klik submenu yang diinginkan.
Misalnya dalam gambar di bawah ini, jika kita ingin mengeksekusi submenu
Glosarium, maka letakkan kursor di atas menu Utama kemudian klik
Glosarium.
Gambar 3.3 Bar Menu Atas.
3.2 BAR MENU SAMPING
Bar Menu Samping adalah bagian dari halaman sistem untuk menempatkan
menu dan submenu secara vertikal. Menu dan submenu yang diletakkan
dalam Bar Menu Samping ini biasanya berhubungan dengan data yang disusun
berdasarkan sektor (laporan). Sama halnya dengan Bar Menu Atas, akses
menu dan submenu dilakukan dengan cara menempatkan kursor diatas menu,
secara otomatis sistem akan menampilkan submenu yang terdapat di
dalamnya. Eksekusi dilakukan dengan cara melakukan klik submenu yang
diinginkan. Misalnya dalam gambar di bawah ini, jika kita ingin
mengeksekusi submenu Kantor Desa/Kelurahan, maka letakkan kursor di atas
menu Prasarana Wilayah kemudian klik Kantor Desa/Kelurahan.
Gambar 3.4 Bar Menu Samping.
3.3 MENU POHON
Menu Pohon adalah bagian dari halaman sistem untuk menempatkan menu dan
submenu secara vertikal dengan anatomi seperti pohon. Menu pohon ini
hanya disediakan untuk pengguna tingkat desa/kelurahan yaitu untuk
melakukan Entri Data DDK, Potensi dan Tingkat Perkembangan. Menu pohon
ini dapat ditutup atau dibuka dengan cara klik garis pembatas yang
berwarna lebih gelap seperti gambar di bawah ini. Untuk memperlebar
dilakukan dengan cara meletakkan kursor di atas garis pembatas, saat
kursor berubah menjadi
, klik kanan dan tahan, kemudian gerakkan mouse ke kanan untuk memperlebar atau ke kiri untuk memperkecil dan lepaskan.
Akses menu dan submenu dilakukan dengan cara klik tanda “+”atau nama
menu, secara otomatis sistem akan menampilkan daftar submenu yang
terdapat di dalamnya. Eksekusi dilakukan dengan cara melakukan klik
submenu yang diinginkan. Pewarnaan nama menu dan submenu dibedakan
menjadi dua yaitu : warna hitam menunjukkan nama menu dan tidak bisa
dieksekusi serta warna biru menunjukkan submenu dan bisa dieksekusi.
Misalnya dalam gambar di bawah ini, jika kita ingin mengeksekusi submenu
Jenis Lahan, maka klik menu Potensi Sumberdaya Alam, kemudian klik
Jenis Lahan.
Gambar 3.5 Menu Pohon.
3.4 TOMBOL DAN AIKON
Fungsi-fungsi yang terdapat dalam sistem ini direpresentasikan dalam
bentuk Tombol dan Aikon. Eksekusi Tombol dan Aikon dilakukan dengan
cara melakukan klik terhadap Tombol atau Aikon yang diinginkan.
Perbedaan utama antara Tombol dan Aikon adalah bentuk dan sifat
prosesnya yaitu :
• Tombol berbentuk kotak segi empat dan didalamnya terdapat nama fungsi, Aikon berbentuk simbol atau gambar mini
• Tombol digunakan untuk melakukan proses untuk seluruh data di
halaman yang aktif, Aikon digunakan untuk melakukan proses yang
berhubungan dengan satu baris data
Tabel 1 Daftar Aikon.
No
Aikon
Deskripsi
1
Pengaturan Grafik
2
Topik Forum
3
Masuk ke Forum
4
Pemilih Tanggal
5
Menampilkan Grafik Batang atau Pai
6
Keterangan atau Deskripsi
7
Mengurutkan Nilai (Menaik atau Menurun)
8
Menulis Komentar
9
Edit Data yang Sebaris
10
Mutasi Masuk
11
Mutasi Keluar
12
Daftar Anggota Keluarga
13
Pencarian atau Rincian Data
14
Ke Halaman Pertama
15
Ke Halaman Sebelumnya
16
Ke Halaman Sesudahnya
17
Ke Halaman Akhir
Tabel 2 Daftar Tombol.
No
Jenis Tombol
Deskripsi
1
Pengaturan Kolom Halaman aktif
2
Pengurutan Data lebih dari satu Kolom Kunci
3
Pencarian Khusus dengan Kriteria Majemuk
4
Ekspor data ke file CSV
5
Ekspor data ke file CSV
6
Preview Halaman aktif untuk pencetakan ke printer
7
Pengelompokan data untuk membuat rekapitulasi
8
Rekapitulasi/Ringkasan data sesuai dengan pengelompokannya
9
Kembali ke halaman sebelumnya
10
Menyalin satu baris data (1 record)
11
Menyisipkan data baru
12
Menyimpan data yang sedang aktif
13
Menghapus satu baris data (1 record)
14
Menyisipkan Kepala Keluarga baru
15
Menyisipkan Anggota Keluarga baru
3.5 GRID
Grid adalah halaman yang digunakan untuk menampilkan data tertentu yang
terdapat dalam basisdata berbentuk tabel yang terdiri atas kolom dan
baris seperti gambar di bawah ini. Grid merupakan halaman awal bagi
pengguna untuk dapat melakukan proses selanjutnya berupa entri, edit,
hapus dan salin data atau untuk pembuatan laporan. Sebagian besar
fungsi-fungsi yang terdapat dalam sistem ini ditempatkan di halaman grid
ini, misalnya : Pencarian Cepat, Pencarian Khusus, Pengurutan dan
lain-lain.
Gambar 3.6 Grid.
3.6 FORM
Form adalah halaman yang digunakan untuk melakukan proses entri, edit,
hapus dan salin data seperti gambar di bawah ini. Fungsi-fungsi standar
yang terdapat dalam kolom antara lain adalah : Salin Data, Data Baru,
Simpan dan Hapus. Proses edit, entri dan salin data yang telah
dilakukan harus diakhiri dengan melakukan klik Simpan sebagai tanda
bahwa proses telah selesai dan data akan disimpan dalam basisdata
sistem.
Gambar 3.7 Form.
DESKRIPSI MENU
Prodeskel
PMD adalah sistem yang dibuat dengan beberapa klasifikasi
pengguna. Pengguna utama dari sistem ini adalah pengguna tingkat
Desa/Kelurahan, Kecamatan, Kabupaten/Kota dan Provinsi. Masing-masing
klasifikasi pengguna memiliki perbedaan menu yang terdapat di dalamnya
terutama pengguna tingkat Desa/Kelurahan. Rincian deskripsi menu adalah
sebagai berikut :
· PENGGUNA TINGKAT DESA/KELURAHAN
No
|
Nama Menu
|
Sub Menu
|
Sub-Sub Menu
|
Deskripsi
|
1
|
Beranda
|
Halaman awal pengguna
| ||
2
|
Utama
|
Data Pokok
|
Intisari data Potensi dan Tingkat Perkembangan Desa/Kelurahan
| |
Berita Penting
|
Berita
atau pemberitahuan yang dikeluarkan Oleh Ditjen PMD untuk pengguna
Prodeskel PMD tingkat Desa/Kelurahan sampai dengan Provinsi
| |||
Analisis
|
Hasil penilaian indikator yang menghasilkan nilai indeks untuk menentukan klasifikasi Desa/Kelurahan
| |||
Publikasi
| ||||
Glosarium
|
Definisi dan pengertian terhadap setiap pertanyaan dalam kuesioner Potensi, Tingkat Perkembangan dan Data Dasar Keluarga
| |||
Agenda Kegiatan
|
Daftar kegiatan di seluruh daerha yang berhubungan dengan Profil Desa/Kelurahan
| |||
Galeri Foto
|
Daftar foto-foto kegiatan di seluruh daerah
| |||
TA Pendamping
|
Daftar Tenaga Ahli Pendamping Prodeskel PMD untuk penempatan di daerah
| |||
3
|
D D K
|
Entri Data
|
Entri, Edit dan Hapus Data Kepala Keluarga, Anggota Keluarga dan Kuesioner Data Dasar Keluarga
| |
KK dan Anggota Keluarga
|
Daftar
Kepala Keluarga dan Anggota Keluarga yang sudah di-entri dan dapat
menjadi bahan untuk membuat laporan. Menu ini dapat juga digunakan
untuk melakukan Entri, Edit dan Hapus Data Kepala Keluarga dan Anggota
Keluarga saja.
| |||
Pembaharuan Data
|
Memperbaharui data Potensi dan Tingkat Perkembangan yang relevan dengan Data Dasar Keluarga
| |||
Laporan Kepala Keluarga
|
Kesejahteraan Keluarga
|
Daftar
Kepala Keluarga yang mendapatkan Beras Miskin, BLT/BLSM dan Peserta
BPJS/Jamkesnas dan merupakan hasil pengolahan dari Data Dasar Keluarga
| ||
Kondisi Fisik Rumah
|
Daftar
kondisi fisik rumah (berdasarkan jenis atap, dinding dan lantai) per
Kepala Keluarga dan merupakan hasil pengolahan dari Data Dasar Keluarga
| |||
Kualitas Ibu Hamil dan Bayi
|
Daftar
Kepala Keluarga yang pernah memiliki Ibu Hamil, Bayi serta jenis-jenis
penanganannya dan merupakan hasil pengolahan dari Data Dasar Keluarga
| |||
Laporan Anggota Keluarga
|
Kelompok Umur
|
Klasifikasi jumlah penduduk menurut jenis kelamin - kelompok umur dan merupakan hasil pengolahan dari Data Dasar Keluarga
| ||
Kondisi Fisik
|
Klasifikasi jumlah penduduk menurut jenis kelamin - kondisi fisik dan merupakan hasil pengolahan dari Data Dasar Keluarga
| |||
Kondisi Kejiwaan
|
Klasifikasi jumlah penduduk menurut jenis kelamin - kondisi kejiwaan dan merupakan hasil pengolahan dari Data Dasar Keluarga
| |||
Golongan Darah
|
Klasifikasi jumlah penduduk menurut jenis kelamin - golongan darah dan merupakan hasil pengolahan dari Data Dasar Keluarga
| |||
Hubungan Keluarga
|
Klasifikasi jumlah penduduk menurut jenis kelamin - hubungan keluarga dan merupakan hasil pengolahan dari Data Dasar Keluarga
| |||
Kontrasepsi KB
|
Klasifikasi
jumlah penduduk menurut jenis kelamin - penggunaan kontrasepsi KB dan
merupakan hasil pengolahan dari Data Dasar Keluarga
| |||
Mata Pencaharian
|
Klasifikasi jumlah penduduk menurut jenis kelamin - mata pencaharian dan merupakan hasil pengolahan dari Data Dasar Keluarga
| |||
Pendidikan
|
Klasifikasi jumlah penduduk menurut jenis kelamin - pendidikan dan merupakan hasil pengolahan dari Data Dasar Keluarga
| |||
Status Perkawinan
|
Klasifikasi jumlah penduduk menurut jenis kelamin - satus perkawinan dan merupakan hasil pengolahan dari Data Dasar Keluarga
| |||
Tingkat Kelahiran
|
Grafik tingkat kelahiran penduduk per tahun dan merupakan hasil pengolahan dari Data Dasar Keluarga
| |||
4
|
Potensi
|
Entri Data
|
Entri, Edit dan Hapus data Potensi Desa/Kelurahan
| |
Laporan Terkini
|
Laporan data Potensi Desa/Kelurahan yang terbaru (terkini) berdasarkan tanggal data
| |||
Laporan Rekapitulasi
|
Laporan rekapitulasi data Potensi Desa/Kelurahan yang terbaru (terkini) berdasarkan tanggal data
| |||
Salin Data antar Tahun
|
Menyalin data Potensi Desa/Kelurahan yang sudah ada dalam basisdata ke data tahun berikutnya
| |||
5
|
Perkembangan
|
Entri Data
|
Entri, Edit dan Hapus data Tingkat Perkembangan Desa/Kelurahan
| |
Laporan Terkini
|
Laporan data Tingkat Perkembangan Desa/Kelurahan yang terbaru (terkini) berdasarkan tanggal data
| |||
Laporan Rekapitulasi
|
Laporan rekapitulasi data Tingkat Perkembangan Desa/Kelurahan yang terbaru (terkini) berdasarkan tanggal data
| |||
Salin Data Antar Tahun
|
Menyalin data Tingkat Perkembangan Desa/Kelurahan yang sudah ada dalam basisdata ke data tahun berikutnya
| |||
6
|
Mutasi
|
Keluar Desa/Kelurahan
|
AK Pindah atau Meninggal
|
Memutasikan penduduk yang meninggal atau yang pindah alamat keluar Desa/Kelurahan
|
KK Pindah Alamat
|
Memutasikan Kepala Keluarga dan Anggotanya yang pindah alamat keluar Desa/Kelurahan
| |||
Masuk Desa/Kelurahan
|
Proses Mutasi AK
|
Memutasikan penduduk yang pindah alamat masuk ke Desa/Kelurahan
| ||
Proses Mutasi KK
|
Memutasikan Kepala Keluarga dan Anggotanya yang pindah alamat masuk ke Desa/Kelurahan
| |||
Laporan
|
Mutasi Keluar
|
Laporan Penduduk/Kepala Keluarga yang pindah alamat keluar Desa/Kelurahan
| ||
Mutasi Masuk
|
Laporan Penduduk/Kepala Keluarga yang pindah alamat masuk ke Desa/Kelurahan
| |||
7
|
Utilitis
|
Panduan Teknis
|
Buku panduan online yang berisi penjelasan teknis penggunaan sistem Prodeskel PMD
| |
Pesan Singkat
|
Mengirimkan pesan singkat ke sesama pengguna Prodeskel PMD
| |||
Unduh Dokumen
|
Daftar dokumen yang berhubungan dengan Profil Desa/Kelurahan yang dapat diunduh
| |||
Ubah Kata Sandi
|
Mengubah kata sandi yang sedang berlaku menjadi kata sandi yang baru
| |||
Koordinat Desa/Kelurahan
|
Link untuk pencarian koordinat desa/kelurahan
| |||
Konversi Satuan
|
Konversi satuan
| |||
8
|
Tautan
|
Kementerian Dalam Negeri
|
Tautan atau link dengan web resmi Kementerian Dalam Negeri
| |
Kementerian PPN/Bappenas
|
Tautan atau link dengan web resmi Kementerian PPN/Bappenas
| |||
Kementerian Pertanian
|
Tautan atau link dengan web resmi Kementerian Pertanian
| |||
Badan Pusat Statistik
|
Tautan atau link dengan web resmi Badan Pusat Statistik
| |||
Kependudukan dan Catatan Sipil
|
Tautan atau link dengan web resmi Kependudukan dan Catatan Sipil
| |||
Badan Koordinasi KB Nasional
|
Tautan atau link dengan web resmi Badan Koordinasi KB Nasional
| |||
Bakosurtanal
|
Tautan atau link dengan web resmi Bakosurtanal (Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional)
| |||
Peta Dunia
|
Tautan atau link dengan web peta dunia (Bing)
| |||
9
|
Forum
|
Forum diskusi online sesama pengguna Prodeskel PMD
| ||
10
|
Keluar
|
Keluar dari Prodeskel PMD
| ||
11
|
[Nama Deskel]
|
Edit data identitas pengguna tingkat Desa/Kelurahan
|
• Pengguna Tingkat Kecamatan, Kabupaten/Kota dan Provinsi
No
|
Nama Menu
|
Sub Menu
|
Deskripsi
|
1
|
Beranda
|
Halaman awal pengguna
| |
2
|
Utama
|
Glosarium
|
Definisi dan pengertian terhadap setiap pertanyaan dalam kuesioner Potensi, Tingkat Perkembangan dan Data Dasar Keluarga
|
Berita Penting
|
Berita
atau pemberitahuan yang dikeluarkan Oleh Ditjen PMD untuk pengguna
Prodeskel PMD tingkat Desa/Kelurahan sampai dengan Provinsi
| ||
Publikasi
| |||
Agenda Kegiatan
|
Daftar kegiatan di seluruh daerha yang berhubungan dengan Profil Desa/Kelurahan
| ||
Galeri Foto
|
Daftar foto-foto kegiatan di seluruh daerah
| ||
TA Pendamping
|
Daftar Tenaga Ahli Pendamping Prodeskel PMD untuk penempatan di daerah
| ||
3
|
Progres
|
Data Pokok
|
Intisari data Potensi dan Tingkat Perkembangan Desa/Kelurahan
|
Analisis
|
Hasil penilaian indikator yang menghasilkan nilai indeks untuk menentukan klasifikasi Desa/Kelurahan
| ||
Progres Pengisian Data
|
Rekapitulasi jumlah Desa/Kelurahan yang telah mengisi data Potensi dan Tingkat Perkembangan
| ||
Persentase Data Isian
|
Persentase jumlah jenis data yang telah di-entri sesuai dengan masing-masing kategori
| ||
Progres Kecamatan
|
Progres entri data Profil Desa dan Kelurahan berbasis kecamatan
| ||
Progres Kabupaten/Kota
|
Progres entri data Profil Desa dan Kelurahan berbasis kabupaten/Kota
| ||
Progres Pendampingan
|
Progres entri data Profil Desa dan Kelurahan berbasis pendampingan oleh Tenaga Ahli dari Pusat
| ||
4
|
DDK
|
KK dan Anggota Keluarga
|
Daftar Kepala Keluarga dan Anggota Keluarga yang di-entri oleh Desa/Kelurahan
|
Rekapitulasi Kepala Keluarga
|
Rekapitulasi jumlah Kepala Keluarga per Desa/Kelurahan
| ||
Kesejahteraan Keluarga
|
Daftar
Kepala Keluarga yang mendapatkan Beras Miskin, BLT/BLSM dan Peserta
BPJS/Jamkesnas dan merupakan hasil pengolahan dari Data Dasar Keluarga
| ||
Kondisi Fisik Rumah
|
Daftar
kondisi fisik rumah (berdasarkan jenis atap, dinding dan lantai) per
Kepala Keluarga dan merupakan hasil pengolahan dari Data Dasar Keluarga
| ||
Kualitas Ibu Hamil dan Bayi
|
Daftar
Kepala Keluarga yang pernah memiliki Ibu Hamil, Bayi serta jenis-jenis
penanganannya dan merupakan hasil pengolahan dari Data Dasar Keluarga
| ||
5
|
Laporan
|
Perkembangan Indeks
|
Nilai indeks komposit Desa/Kelurahan per tahun
|
Data Pokok
|
Laporan data pokok des/kelurahan
| ||
Potensi Terkini
|
Laporan data Potensi Desa/Kelurahan yang terbaru (terkini) berdasarkan tanggal data
| ||
Tk. Perkembangan Terkini
|
Laporan data Tingkat Perkembangan Desa/Kelurahan yang terbaru (terkini) berdasarkan tanggal data
| ||
Rekapitulasi Potensi
|
Laporan rekapitulasi data Potensi Desa/Kelurahan yang terbaru (terkini) berdasarkan tanggal data
| ||
Rekapitulasi Perkembangan
|
Laporan rekapitulasi data Tingkat Perkembangan Desa/Kelurahan yang terbaru (terkini) berdasarkan tanggal data
| ||
6
|
Lembaga
|
Edit Profil Lembaga
|
Edit
data profil lembaga Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa
di masing-masing daerah (Kabupaten/Kota dan Provinsi)
|
Edit Pokja Prodeskel
|
Edit data kelompok kerja Profil Desa dan Kelurahan yang aktif di masing-masing daerah
| ||
Entri Agenda Kegiatan
|
Entri data agenda kegiatan yang berhubungan dengan Profil Desa dan Kelurahan
| ||
Entri Galeri Kegiatan
|
Entri data foto-foto kegiatan yang berhubungan dengan Profil Desa dan Kelurahan
| ||
7
|
Utilitis
|
Panduan Teknis
|
Buku panduan online yang berisi penjelasan teknis penggunaan sistem Prodeskel PMD
|
Unduh Dokumen
|
Daftar dokumen yang berhubungan dengan Profil Desa/Kelurahan yang dapat diunduh
| ||
Reset Kata Sandi
|
Mengatur ulang kata sandi pengguna tingkat Desa/Kelurahan
| ||
Ubah Kata Sandi
|
Mengubah kata sandi yang sedang berlaku menjadi kata sandi yang baru
| ||
8
|
Tautan
|
Kementerian Dalam Negeri
|
Tautan atau link dengan web resmi Kementerian Dalam Negeri
|
Kementerian PPN/Bappenas
|
Tautan atau link dengan web resmi Kementerian PPN/Bappenas
| ||
Kementerian Pertanian
|
Tautan atau link dengan web resmi Kementerian Pertanian
| ||
Badan Pusat Statistik
|
Tautan atau link dengan web resmi Badan Pusat Statistik
| ||
Kependudukan dan Catatan Sipil
|
Tautan atau link dengan web resmi Kependudukan dan Catatan Sipil
| ||
Badan Koordinasi KB Nasional
|
Tautan atau link dengan web resmi Badan Koordinasi KB Nasional
| ||
Bakosurtanal
|
Tautan atau link dengan web resmi Bakosurtanal (Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional)
| ||
Peta Dunia
|
Tautan atau link dengan web peta dunia (Bing)
| ||
9
|
Forum
|
Forum diskusi online sesama pengguna Prodeskel PMD
| |
10
|
Keluar
|
Keluar dari Prodeskel PMD
| |
DATA : JENIS DAN KAIDAH
5.1 JENIS-JENIS DATA
Jenis-jenis data yang digunakan dalam sistem terutama untuk entri data terdiri atas empat jenis yaitu :
• Numerik ( 0 - 9 ) yaitu data dalam bentuk bilangan bulat dan desimal dalam format Indonesia
• Teks yaitu data karakter yang terdiri dari alfabet ( A - Z ) dan numerik ( 0 - 9 )
• Tanggal yaitu data yang menunjukan waktu berdasarkan hari, bulan dan tahun dalam format Indonesia
• Pilihan yaitu data yang bersifat statis/konstan yang terdiri atas :
- Kotak kombo (hanya untuk satu pilihan)
- Tombol kancing (hanya untuk satu pilihan)
- Tombol ceklis (lebih dari satu pilihan)
Jenis data ini menentukan bentuk antarmuka dan cara entri data yang akan
digunakan dalam sistem. Antarmuka yang digunakan untuk jenis-jenis
data tersebut diatas adalah sebagai berikut :
Gambar 5.1 Antarmuka dan Jenis-Jenis Data.
Ilustrasi cara entri data yang berhubungan dengan jenis-jenis data adalah sebagai berikut :
No
Jenis Data
Data
Cara Entri Data
Keterangan
1
Numerik
- Bilangan Bulat
3.350
Ketik à 3350
- Bilangan Desimal
2.357,45
Ketik à 2357,45
2
Teks
Muhammad
Ketik à Muhammad
3
Tanggal
30/12/1997
Ketik à 30121997
4
Pilihan
- Kotak Autokomplit
Ketik kata kunci dan pilih
Satu pilihan
- Kotak Kombo
Klik kotak kombo dan pilih
Satu pilihan
- Tombol Kancing
Klik tombol kancing pilihan
Satu pilihan
- Tombol Ceklis
Klik tombol ceklis pilihan
Lebih dari satu pilihan
5.2 KAIDAH ENTRI DATA
• Tanggal è kolom kunci utama (primary key)
- Tanggal data yang valid adalah tanggal : 01/01/2012 sampai dengan Hari Ini
- Tanggal lahir yang valid adalah tanggal : 01/01/1900 sampai dengan Hari Ini
• Setiap data memiliki kolom kunci yang berbeda jenis dan jumlahnya
• Kolom kunci terletak di kolom-kolom awal (grid) dan maksimal ada tiga
• Sistem akan menolak untuk menyimpan data yang baru, jika semua
data di kolom kunci sama persis dengan data dalam basisdata
• Kaidah entri data (untuk n = 1, 2, 3 ) :
Data Baru di n Kolom Kunci harus berbeda dengan Data di n Kolom Kunci basisdata
a) SATU KOLOM KUNCI
• Contoh data dengan satu (1) kolom kunci yaitu kolom Tanggal adalah sebagai berikut :
Gambar 5.2 Data Satu Kolom Kunci
• Entri Data Baru bisa disimpan jika data Tanggal tidak sama dengan
tanggal yang sudah terdapat dalam basisdata tersebut diatas.
b) DUA KOLOM KUNCI
• Contoh data dengan dua (2) kolom kunci yaitu kolom Tanggal dan Nama Komoditas adalah sebagai berikut :
Gambar 5.3 Data Dua Kolom Kunci
• Entri Data Baru bisa disimpan jika data Tanggal dan Nama
Komoditas tidak sama dengan tanggal dan komoditas yang sudah terdapat
dalam basisdata tersebut diatas.
c) TIGA KOLOM KUNCI
• Contoh data dengan tiga (3) kolom kunci yaitu kolom Tanggal, Kategori dan Jenis Lembaga Ekonomi adalah sebagai berikut :
Gambar 5.4 Data Tiga Kolom Kunci
• Entri Data Baru bisa disimpan jika data Tanggal, Kategori dan
Jenis Lembaga Ekonomi tidak sama dengan tanggal, kategori dan jenis
lembaga ekonomi yang sudah terdapat dalam basisdata tersebut diatas.
Pencarian
cepat dilakukan dengan cara memberikan masukan kata kunci pada menu
yang tersedia di bagian pojok kiri atas halaman data. Pencarian kata
kunci oleh sistem akan dilakukan terhadap seluruh kolom halaman data
yang aktif. Operator yang digunakan oleh sistem untuk pencarian adalah “mengandung kata”.
Gambar 6.1 Pencarian Cepat.
Pencarian cepat dilakukan dengan cara sebagai berikut :
• Isi kotak teks pencarian cepat dengan kata kunci pencarian data
• Klik aikon
untuk melihat hasilnya
• Setelah ditemukan kemudian sistem akan menampilkan seluruh data yang mengandung kata kunci yang dicari
Pencarian
cepat dapat juga berfungsi sebagai penyaring, karena data yang
ditampilkan sesuai dengan kata kunci dan secara otomatis baris Total Laporan akan
menyesuaikan dengan data yang aktif. Jika kata kunci dikosongkan maka
sistem akan menampilkan seluruh data atau mengembalikan pada halaman
data sebelumnya.
Jenis
pencarian data ini lebih khusus ditujukan untuk mencari data di
kolom-kolom kunci tertentu saja sehingga diharapkan hasil pencarian
lebih presisi/akurat. Terdapat dua jenis data untuk melakukan pencarian
khusus yaitu :
a. Data Teks yaitu kolom kunci data jenis teks dan menggunakan operator :
• “mengandung kata”
• “sama dengan”
b. Data Numerik yaitu kolom kunci data jenis numerik/angka dan menggunakan operator :
• “sama dengan” ( = )
• “lebih besar dari” ( > )
• “lebih besar sama dengan” ( ≥ )
• “lebih kecil dari” ( < )
• “lebih kecil sama dengan” ( ≤ ) dan
• “antara” ( a ≤ x ≤ b )
Pencarian
dilakukan untuk menemukan data yang bersesuaian dengan isi kolom kunci
dan antar kolom kunci dipadukan menggunakan operator “dan”. Pencarian
khusus ini dilakukan dengan cara sebagai berikut :
• Klik tombol Pencarian seperti gambar di bawah ini
Gambar 6.2 Tombol Pencarian Khusus.
• Proses selanjutnya adalah sistem menampilkan menu di bawah ini
Gambar 6.3 Menu Pencarian Khusus.
• Pilih operator yang digunakan untuk pencarian data
• Isi data kolom kunci yang akan digunakan sebagai penyaring data
• Setelah kolom kunci terisi data klik tombol Pencarian untuk melihat hasilnya
• Selanjutnya sistem akan menampilkan halaman data yang sesuai dengan kolom-kolom kunci
• Untuk menghapus data di kolom-kolom kunci klik tombol Bersihkan
• Untuk mengubah data di kolom-kolom kunci klik tombol Edit
• Setelah proses pencarian data selesai, klik tombol Kembali untuk mengaktifkan halaman data sebelumnya.
Sama halnya dengan pencarian cepat, pencarian khusus ini dapat juga berfungsi sebagai penyaring, karena data yang ditampilkan sesuai dengan kolom-kolom kunci dan secara otomatis baris Total Laporan akan menyesuaikan dengan data yang aktif.
Pengurutan
adalah fitur aplikasi yang dapat mengurutkan data berdasarkan
kolom-kolom yang dikehendaki (lebih dari satu kolom) untuk melengkapi
fitur pengurutan dalam halaman data yang aktif (pengurutan data satu
kolom). Metode pengurutan data ada dua yaitu secara menaik (ascending) atau menurun (descending). Untuk melakukan pengurutan data dilakukan dengan cara sebagai berikut :
• Klik tombol Pengurutan seperti gambar di bawah ini
Gambar 6.4 Tombol Pengurutan Data.
• Selanjutnya sistem akan menampilkan menu pengurutan data sebagai berikut :
Gambar 6.5 Menu Pengurutan Data.
• Pilih kolom kunci yang dikehendaki dengan cara klik kolom di kotak sebelah kiri, misalnya klik di kolom Provinsi
• Klik tanda panah ke kanan
, atau klik ganda kolom yang dimaksud, selanjutnya kolom Provinsi akan pindah ke kotak tengah
• Klik kolom Provinsi di kotak tengah
• Pilih metode pengurutan di menu kanan dengan cara klik tombol
atau![.com/proxy/ .com/proxy/](https://blogger.googleusercontent.com/img/proxy/AVvXsEiTgiqP9jv9Od4O3RzTrybbK_XX5_Bfho6iA8P4it5-Uy5eWydXEDg8EXq3rAx_J-41OFktxO8LKNY_hhVUDMbLsmcBMZXUMId3Db0-de6fz1AvjnXodU9nYyEzCHVE2XXOPr4nkmTA5KoJEmArmOG6TLsJARSuYl-si0ndirEXQUjJZRHPQ7kOLPkwCjlRN5D_3e8cYw=s0-d)
• Lakukan langkah tersebut diatas jika menginginkan tambahan kolom kunci
• Untuk membuang kolom kunci yang sudah dipilih di kotak tengah, klik kolom yang dimaksud
• Kemudian klik tanda panah ke kiri ![.com/proxy/ .com/proxy/](https://blogger.googleusercontent.com/img/proxy/AVvXsEhSG7W9lvAXvppV5DsdyCDJQNp-wUHwL8940lERTa6D7Jh7x3Lb2nCyAykpUObEjV3UH3KQmwmcFbj516bbnRdYwvRMxrVZEdcZEZ_4YRmY_-p43B3y1In8CsWAYpUTTihstt7rC4FAMiLKs-7adOwRxOYg39g5y_uZ8_UFYxu_j_AXA49ylBVS7fT6Ye8y85UqTbvJqg=s0-d)
• Jika menginginkan semua kolom dipindahkan, klik tanda panah ganda ke kekiri
dan begitu juga sebaliknya
• Tanda panah ke atas dan bawah
digunakan untuk mengubah urutan/posisi pengurutan data yang dikehendaki
• Setelah selesai dengan pemilihan kolom dan metode pengurutan kemudian klik tombol Oke untuk melihat hasilnya
• Untuk keluar dari menu pengurutan klik tombol Keluar.
Pengaturan
kolom adalah fitur aplikasi yang dapat mengatur (menambah atau
mengurangi) kolom yang ditampilkan dalam halaman data yang
aktif. Pengaturan kolom dilakukan dengan cara sebagai berikut :
• Klik pada tombol Kolom seperti gambar di bawah ini
Gambar 6.6 Tombol Pengaturan Kolom.
• Selanjutnya sistem akan menampilkan menu sebagai berikut ini :
Gambar 6.7 Menu Pengaturan Kolom.
Di
kotak sebelah kanan terdapat daftar kolom dengan warna hitam yang
menandakan bahwa kolom-kolom tersebut aktif dalam halaman data. Untuk
mengurangi kolom yang aktif adalah dengan cara :
• Pilih/klik kolom yang akan di non-aktifkan (pindah ke kotak sebelah kiri)
• Klik tanda panah ke kiri ![.com/proxy/ .com/proxy/](https://blogger.googleusercontent.com/img/proxy/AVvXsEhSG7W9lvAXvppV5DsdyCDJQNp-wUHwL8940lERTa6D7Jh7x3Lb2nCyAykpUObEjV3UH3KQmwmcFbj516bbnRdYwvRMxrVZEdcZEZ_4YRmY_-p43B3y1In8CsWAYpUTTihstt7rC4FAMiLKs-7adOwRxOYg39g5y_uZ8_UFYxu_j_AXA49ylBVS7fT6Ye8y85UqTbvJqg=s0-d)
• Ulangi untuk kolom-kolom yang lainnya
• Untuk menonaktifkan semua kolom dapat dilakukan dengan cara klik tanda panah ganda ke kiri ![.com/proxy/ .com/proxy/](https://blogger.googleusercontent.com/img/proxy/AVvXsEjv9SG-ZxOtR5lH2Q6i2Q4sp5-FEn_uCMjmCeoJeCs8BHNdYiW1ApDqk41xCpwaEE9PG_kjEIFnKGp-5jMqf1yW-yabAHejeFe2ofYZ3lZGjUdXilTGEH3bjUVQNNp89m4x_kA3izkgdTsT49kIk_Ge1cli9AzeFTeOyjynqiTabPZP04qgTrUw5S8efO2afjyuq_bSxg=s0-d)
• Kolom yang sudah non-aktif di kotak sebelah kiri dapat diaktifkan lagi dengan cara :
• Pilih/klik kolom yang akan diaktifkan
• Klik tanda panah ke kanan ![.com/proxy/ .com/proxy/](https://blogger.googleusercontent.com/img/proxy/AVvXsEjMuNwDIqL35tti6aUOgHVbPofklSrvTuxsm4OZpnGLf0VdzVPz7SYTAtwU1uS_SIoZsBkK9UlSiVMExjJ48S2hM9mi-0yhzd2JPGE__9kGqhpv77zM6xbi3py4rm839WKa8dpaOjoA-z5VfvcRgRRxkgSd0bgemS3WbRhPsf8e1NoX4gDBq736iGr1Rmo_uLQCA937fg=s0-d)
• Ulangi untuk kolom-kolom yang lainnya
• Untuk mengaktifkan semua kolom dapat dilakukan dengan cara klik tanda panah ganda ke kanan ![.com/proxy/ .com/proxy/](https://blogger.googleusercontent.com/img/proxy/AVvXsEiQLnClKydy89Sf9DkF8mSCU0-g4_c3WS39sUwtiXoOaTSbvechQuwmLsrwXByNJo6R5mp4Wp0Ox8KsQeYZqa7mD3CaOqQ222kFtOgpNYXxkPXKIVjRAXYaXYqOmOjQs1EoMA8WwlwnNKfsc-qSxPeKJWYKWFltsAOrtIgZs3HlrmIkHUnUedTL6hPK6G9mPBv0EKhehg=s0-d)
• Tanda panah ke atas dan bawah
digunakan untuk mengubah urutan/posisi pengurutan data
• Setelah pengaturan kolom sesuai dengan yang dikehendaki, kemudian klik tombol Oke untuk melihat hasilnya
• Untuk keluar dari menu pengurutan data klik tombol Keluar
Navigasi
halaman adalah fitur yang digunakan untuk melakukan melihat halaman
data selanjutnya sesuai dengan urutan data. Navigasi halaman ini
disediakan karena secara default sistem hanya menampilkan data sebanyak
15 baris saja untuk menghemat memori komputer. Jika terdapat 60 baris
data yang akan diaktifkan, maka sistem akan menampilkan data dalam 60/15
= 4 halaman data. Untuk melakukan penavigasian halaman ini dapat
dilakukan dengan cara :
Gambar 6.8 Tombol Navigasi Halaman.
• Klik tombol panah ke kiri dan ke kanan untuk perpindahan satu halaman secara sekuensial (lihat gambar di atas)
• Klik nomor halaman yang tersedia untuk melompat ke halaman yang dikehendaki
• Klik tombol panah ke kiri yang paling kiri untuk pindah ke halaman pertama
• Klik tombol panah ke kanan yang paling kanan untuk pindah ke halaman terakhir
Navigasi
baris halaman adalah fitur yang digunakan untuk mengatur jumlah baris
data yang akan ditampilkan dalam halaman yang aktif. Walaupun secara
default yang ditampilkan adalah 15 baris data, tapi sistem menyediakan
fasilitas untuk mengubah jumlah baris data yang ditampilkan menjadi 15, 30, 50 atau seluruh baris data (all).
Gambar 6.9 Tombol Navigasi Baris Halaman.
Untuk melakukan pengubahan jumlah baris data dilakukan dengan cara sebagai berikut :
• Klik pada combo box seperti gambar diatas
• Pilih jumlah baris yang dikehendaki
• Secara
otomatis sistem akan melakukan perubahan jumlah baris pada halaman data
yang aktif sesuai dengan jumlah baris data yang dipilih
Grafik yang terdapat dalam aplikasi ini ada dua jenis yaitu batang dan pai
untuk kelengkapan fitur dalam laporan. Grafik berguna untuk memberikan
informasi secara visual ringkasan/rekapitulasi data yang sedang
aktif. Fitur yang terdapat dalam grafik antara lain adalah :
• Grafik dalam warna berbeda untuk setiap peubah
• Jenis grafik dapat diubah dari grafik batang ke pai dan sebaliknya
• Data dapat diurutkan secara menaik atau menurun
• Memperlebar atau mempertinggi halaman grafik
Gambar 6.10 Grid Rekapitulasi.
Fitur-fitur tersebut dapat di atas dapat difungsikan dengan cara sebagai berikut :
Gambar 6.11 Grafik Batang.
• Gambar di atas ini adalah contoh grafik batang, misalnya kita ingin mengurutkan data secara menurun
• Klik aikon
yang terletak di pojok kiri atas
• Selanjutnya sistem akan menampilkan menu sebagai berikut :
Gambar 6.12 Menu Pengurutan Nilai Grafik.
• Klik kotak kombo Mengurutkan nilai
• Pilih Descending
• Klik tombol Oke untuk melihat hasilnya seperti gambar di bawah ini
Gambar 6.13 Grafik Batang dengan Pengurutan Nilai.
Jika ingin mengubah menjadi grafik pai dilakukan dengan cara sebagai berikut :
• Klik aikon
yang terletak di pojok kiri atas
• Selanjutnya sistem akan menampilkan menu sebagai berikut :
Gambar 6.14 Menu Pemilihan Jenis Grafik.
• Klik kotak kombo Jenis Grafik
• Pilih Pai
• Klik tombol Oke untuk melihat hasilnya seperti gambar di bawah ini
Gambar 6.15 Grafik Pai.
Untuk mempertinggi dan memperlebar halaman grafik dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :
• Klik aikon
yang terletak di pojok kiri atas
• Setelah muncul menu, ubah jumlah piksel di kolom Lebar dalam piksel dan Tinggi dalam piksel
• Klik Oke untuk melihat hasilnya
Pencetakan adalah fitur yang digunakan untuk memindahkan keluaran aplikasi ke halaman lain tanpa ada banner dan bar menu. Selanjutnya proses pencetakan dilakukan oleh peramban web dan jenis printer lokal/jaringan yang dimiliki. Untuk melakukan proses pencetakan adalah dengan cara sebagai berikut :
• Klik Cetak
Gambar 6.16 Tombol Pencetakan.
• Selanjutnya aplikasi akan menampilkan menu sebagai berikut :
Gambar 6.17 Menu Pengaturan Pencetakan.
• Pilih salah satu opsi Cetak yaiut Halaman Saat Ini atau Laporan Lengkap.
Yang dimaksud dengan Halaman Saat Ini adalah pencetakan dilakukan terhadap halaman data yang tampil di layar monitor komputer. Sedangkan yang dimaksud dengan Laporan Lengkap adalah pencetakan dilakukan terhadap seluruh data yang aktif dari baris awal sampai dengan akhir data.
• Pilih opsi Diwarnai yaitu Hitam dan Putih atau Warna Lengkap.
Yang dimaksud dengan Hitam dan Putih adalah
hasil pencetakan hanya berwarna hitam dan putih walaupun terdapat warna
lain selain hitam dan dilakukan dengan menggunakan printer
warna. Sedangkan yang dimaksud dengan Warna Lengkap adalah hasil pencetakan sama persis dengan warna yang ditampilkan di layar monitor jika menggunakan printer warna.
• Klik tombol Oke untuk melihat hasilnya seperti gambar di bawah ini.
Gambar 6.18 Preview Laporan.
• Untuk mencetak ke printer, tekan secara bersamaan di papan ketik Ctrl dan P
• Selanjutnya sistem akan menampilkan menu sebagai berikut (tergantung jenis peramban webnya) :
Gambar 6.19 Menu Pencetakan Mozilla Firefox.
Gambar 6.20 Menu Pencetakan Google Chrome.
• Pilih printer yang sudah tersedia dan terpasang di komputer dengan cara :
- Klik Name (Mozilla Firefox)
- Klik Ubah (Google Chrome)
• Klik OK (Mozilla Firefox) atau Klik Simpan (Google Chrome)
Ekspor data adalah fitur aplikasi yang berfungsi sebagai pengkonversi data dari format HTML menjadi format Microsoft Excel. Jika proses ekspor data ini berhasil berarti sistem telah melakukan proses pembuatan file dalam format Microsoft Excel yang
dapat didownload (unduh) dan dilihat di komputer secara lokal. Untuk
melakukan ekspor data yang aktif di layar komputer dilakukan dengan cara
sebagai berikut :
• Klik XLS pada gambar di bawah ini.
Gambar 6.21 Tombol Ekspor Data ke Microsoft Excel.
• Selanjutnya sistem akan menampilkan menu status kemajuan ekspor data dan memproduksi file Microsoft Excel. Lamanya proses ekspor data ini tergantung pada besarnya ukuran data.
• Jika telah selesai akan muncul pesan “File berhasil dibuat” dan menampilkan menu seperti di bawah ini
Gambar 6.22 Menu Status Proses Ekspor Data.
• Selanjutnya file tersebut dapat di download (unduh) untuk disimpan di komputer lokal dengan cara klik Download
• Untuk keluar dari proses ekspor data, klik Kembali
Modul Data Dasar Keluarga (DDK) merupakan modul yang berfungsi untuk menyimpan data yang berhubungan dengan Kepala Keluarga (KK), salah satu diantaranya yang paling berkaitan adalah data Anggota Keluarga (AK). Dengan kata lain dapat dikatakan bahwa jika tidak ada data KK, maka semua data DDK tidak dapat dientri ke dalam sistem. Modul DDK dapat diaktifkan dengan cara sebagai berikut :
• Taruh kursor diatas menu DDK
• Dari daftar submenu yang muncul, Klik Entri Data
• Selanjutnya sistem akan menampilkan halaman daftar KK sebagai berikut :
Gambar 7.1 Daftar Kepala Keluarga.
Entri data KK dilakukan dengan cara sebagai berikut :
• Klik tombol KK Baru
• Selanjutnya sistem akan menampilkan halaman dalam bentuk Form sebagai berikut :
Gambar 7.2 Form Kepala Keluarga.
• Isi data semua kolom yang sudah tersedia mulai dari Kode Keluarga sampai dengan Sumber Data
- Tanda asterik merah menandakan kolom/field yang wajib diisi data
- Gunakan tombol Tab untuk pindah antar kolom, kecuali kolom Alamat dan Sumber Data
- Kolom Alamat dan Sumber Data dapat diperbesar atau diperkecil dengan cara :
• Klik dan tahan pojok kanan bawah
• Diseret sesuai dengan keinginan
• Setelah selesai dengan pengisian data di semua kolom, Klik tombol Simpan untuk menyimpan dan mengakhiri proses entri data
• Selanjutnya sistem akan menampilkan halaman daftar KK dalam bentuk Grid sebagai berikut :
Gambar 7.3 Grid Daftar Kepala Keluarga dan Keterangannya.
• Jika menginginkan entri data KK Baru, ulangi proses entri data di atas secara berurutan
7.1.2 EDIT DATA KEPALA KELUARGA (KK)
Edit data KK yang sudah terdapat dalam sistem dilakukan dengan cara sebagai berikut :
• Klik aikon
(kolom KK) yang sebaris dengan data KK yang akan di-edit
• Selanjutnya sistem akan menampilkan data KK yang akan di-edit
• Perbaharui data di kolom yang diinginkan
• Klik tombol Simpan untuk menyimpan dan mengakhiri proses edit data
• Selanjutnya sistem akan kembali ke halaman daftar KK
7.1.3 HAPUS DATA KEPALA KELUARGA (KK)
Hapus data KK yang sudah terdapat dalam sistem dilakukan dengan cara sebagai berikut :
• Klik aikon
(kolom KK) yang sebaris dengan data KK yang akan di-hapus
• Selanjutnya sistem akan menampilkan data KK yang akan di-hapus
• Klik tombol Hapus
• Selanjutnya sistem akan menampilkan menu konfirmasi sebagai berikut :
Gambar 7.4 Menu Konfirmasi.
• Klik tombol Oke
• Data KK akan terhapus dan sistem akan kembali ke halaman sebelumnya
• Catatan : Jika menghapus data KK, maka data AK secara otomatis juga ikut terhapus dari basisdata.
Dalam halaman daftar KK tersebut di atas, di sebelah kiri terdapat kolom dengan nama AK, KK dan DDK yang berisi aikon dan di bagian atas terdapat tombol KK Baru, Kolom, Pengurutan, Cetak, XLS, dan Pengelompokan.
Entri data Anggota Keluarga (AK) dapat dilakukan dengan dua cara yaitu
klik aikon di kolom DDK atau klik aikon di kolom AK sebaris dengan data
KK yang akan di-entri data AK-nya. Agar proses entri data AK lebih
cepat maka sebaiknya menggunakan cara :
• Klik aikon
(kolom AK)
• Selanjutnya sistem akan menampilkan halaman dalam sebagai berikut :
Gambar 7.5 Grid Anggota Keluarga.
• Klik tombol AK Baru
• Selanjutnya sistem akan menampilkan halaman dalam sebagai berikut :
Gambar 7.6 Form Anggota Keluarga.
• Isi data semua kolom yang sudah tersedia mulai dari Tanggal sampai dengan Lembaga Ekonomi yang Diikuti
- Tanda asterik merah menandakan kolom/field yang wajib diisi data
- Gunakan tombol Tab untuk pindah antar kolom
• Klik tombol Simpan untuk menyimpan dan mengakhiri proses entri data
• Selanjutnya sistem kembali menampilkan halaman daftar AK dalam bentuk Grid. Misalnya kita telah melakukan entri data AK lengkap untuk KK atas nama JAUHARI KAIMANA, maka halaman daftar AK yang ditampilkan adalah sebagai berikut :
Gambar 7.7 Grid Identitas Kepala Keluarga.
7.1.5 EDIT DATA ANGGOTA KELUARGA (AK)
Edit data AK dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :
• Klik aikon
yang sebaris dengan data AK yang akan di-edit
• Selanjutnya sistem akan menampilkan halaman data AK yang akan di-edit
• Perbaharui data di kolom yang diinginkan
• Klik tombol Simpan untuk menyimpan dan mengakhiri proses edit data
• Selanjutnya sistem akan kembali ke halaman daftar AK
7.1.6 HAPUS DATA ANGGOTA KELUARGA (AK)
Hapus data AK dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :
• Klik aikon
yang sebaris dengan data AK yang akan di-hapus
• Selanjutnya sistem akan menampilkan halaman data AK yang akan di-hapus
• Klik tombol Hapus
• Selanjutnya sistem akan menampilkan menu konfirmasi sebagai berikut :
Gambar 7.8 Menu Konfirmasi.
• Klik tombol Oke
• Data AK akan terhapus dan sistem akan kembali ke halaman sebelumnya
Karena
keterbatasan layar monitor, maka data AK tidak dapat ditampilkan secara
keseluruhan. Jika ingin melihat rincian data AK adalah dengan cara
sebagai berikut:
• Klik aikon
sebaris dengan data AK yang ingin dilihat
• Selanjutnya sistem akan menampilkan rincian data AK sebagai berikut :
Gamar 7.9 Rincian Data Anggota Keluarga.
• Klik tombol Cetak untuk mencetak rincian data AK atau
• Klik tombol Kembali untuk kembali halaman sebelumnya (Daftar AK)
7.1.7 ENTRI KUESIONER DDK
Kuesioner
DDK merupakan data yang diperoleh setelah melakukan survey di lapangan
dan seluruhnya berhubungan langsung dengan Kepala Keluarga. Oleh karena
itu untuk dapat meng-entri data kuesioner DDK terlebih dahulu harus
melakukan entri data Kepala Keluarga. Entri data kuesioner DDK
dilakukan dengan cara sebagai berikut :
• Letakkan kursor di menu DDK
• Dari Submenu yang muncul, pilih Entri Data
• Selanjutnya sistem akan menampilkan halaman sebagai berikut (misalnya sudah ada data Kepala Keluarga ) :
Gambar 7.10 Fitur-fitur dalam Grid Kepala Keluarga.
• Klik aikon
yang sebaris dengan Kepala Keluarga
• Selanjutnya sistem akan menampilkan menu pohon sebagai berikut :
Gambar 7.11 Menu Pohon Data Dasar Keluarga.
• Halaman
awal tersebut diatas menunjukkan Kepala Keluarga yang akan di-entri
data kuesioner DDK-nya dengan urutan isi menu pohon sesuai dengan urutan
data dalam kuesioner DDK. Misalnya kita ingin meng-entri data
penghasilan, maka :
• Klik Penghasilan (1.1 – 1.3)
• Selanjutnya sistem akan menampilkan halaman grid data sebagai berikut :
Gambar 7.12 Grid Awal Kuesioner Penghasilan.
• Klik tombol Data Baru
• Selanjutnya sistem akan menampilkan halaman form entri data sebagai berikut :
Gambar 7.13 Form Kuesioner Penghasilan.
• Kolom Tanggal secara otomatis terisi dengan tanggal saat ini tapi masih bisa diedit atau disesuaikan
• Isi kolom-kolom pertanyaan mulai dari Jumlah Penghasilan/Bulan sampai dengan Peserta BPJS/Jamkesnas/Jamkesda
• Setelah selesai entri data, klik tombol Simpan.
• Jika ingin mebatalkan proses entri data, klik tombol Batal
• Selanjutnya sistem akan menampilkan halaman grid data sebagai berikut :
Gambar 7.14 Grid Kuesioner Penghasilan.
• Entri
data harus dilakukan menggunakan tanggal yang berbeda dengan data yang
sudah ada, jika tidak maka sistem akan menolak untuk menyimpannya. Jika
diatur proses entri data dilakukan setiap setahun sekali, maka akan
menghasilkan data riwayat penghasilan Kepala Keluarga per Tahun.
7.1.8 EDIT DATA KUESIONER DDK
Edit data penghasilan dilakukan dengan cara sebagai berikut :
• Klik aikon
yang sebaris dengan data yang akan di-edit
• Selanjutnya sistem akan menampilkan halaman form data yang akan di-edit
• Perbaharui data di kolom yang diinginkan
• Klik tombol Simpan untuk menyimpan dan mengakhiri proses edit data
• Selanjutnya sistem akan kembali ke halaman sebelumnya
7.1.9 HAPUS DATA KUESIONER DDK
Hapus data penghasilan dilakukan dengan cara sebagai berikut :
• Klik aikon
yang sebaris dengan data yang akan di-hapus
• Selanjutnya sistem akan menampilkan halaman form data yang akan di-hapus
• Klik tombol Hapus
• Selanjutnya sistem akan menampilkan menu konfirmasi sebagai berikut :
Gambar 7.15 Menu Konfirmasi.
• Klik tombol Oke
• Data akan terhapus dan sistem akan kembali ke halaman sebelumnya
7.1.10 MENYALIN SATU BARIS DATA (1 RECORD)
Menyalin
satu baris data dapat dilakukan terhadap data yang sudah ada dalam
basisdata terutama untuk data yang jumlah kolomnya banyak sedangkan
perubahannya terjadi di beberapa kolom saja. Misalnya kita akan
menyalin data tentang Pemanfaatan Air, Aset Rumah DLL seperti gambar di bawah ini :
Gambar 7.16 Grid Pemanfaatan Air, Aset Rumah DLL.
Dimana rincian datanya adalah sebagai berikut :
Gambar 7.17 Rincian Data Pemanfaatan Air, Aset Rumah DLL.
Untuk dapat menyalin data adalah dengan cara sebagai berikut :
• Klik aikon
yang sebaris dengan data yang akan di-salin
• Selanjutnya sistem akan menampilkan halaman form data yang akan di-salin sebagai berikut ini :
Gambar 7.18 Form Pemanfaatan Air, Aset Rumah DLL.
• Perbaharui/ubah kolom Tanggal menjadi tanggal saat ini
• Perbaharui/ubah data di kolom-kolom yang mengalami perubahan
• Klik tombol Simpan untuk menyimpan dan mengakhiri proses salin data
• Selanjutnya
sistem akan kembali ke halaman sebelumnya, dimana data yang disalin
sudah terdapat dalam basisdata seperti di bawah ini
Gambar 7.19 Grid Pemanfaatan Air, Aset Rumah DLL Hasil Penyalinan.
7.1.11 MUTASI KELUAR ANGGOTA KELUARGA
Mutasi
keluar AK adalah proses dimana terdapat satu orang AK yang meninggal
dunia atau pindah alamat. Proses mutasi keluar AK dapat dilakukan
dengan cara sebagai berikut :
• Letakkan kursor di Mutasi è Keluar Desa/Kelurahan
• Pilih submenu AK Pindah atau Meninggal seperti gambar di bawah ini
Gambar 7.20 Menu Mutasi Keluar AK.
• Selanjutnya sistem akan menampilkan halaman daftar AK seperti berikut ini :
Gambar 7.21 Grid Daftar AK untuk Proses Mutasi Keluar.
Pilih AK yang akan dimutasikan dengan cara :
• Klik aikon
yang sebaris dengan AK yang akan dimutasi, misalnya YAHYA DIRGANTARA
• Selanjutnya sistem akan menampilkan halaman sebagai berikut :
Gambar 7.22 Form Mutasi AK Meninggal Dunia.
• Pilih Jenis Mutasi dengan cara klik tombol radio yang sesuai
• Jika jenis mutasi adalah Meninggal Dunia, maka langkah selanjutnya adalah memilih penyebab kematian dengan cara klik tombol radio yang sesuai.
- Klik tombol Proses untuk melakukan mutasi AK
- Setelah langkah diatas, maka secara otomatis data AK tidak ditampilkan dalam basisdata
• Jika Jika jenis mutasi adalah Pindah Alamat, maka sistem akan menampilkan halaman sebagai berikut :
Gambar 7.23 Form Mutasi AK Pindah Alamat.
• Pilih Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan dan Desa/Kelurahan yang menjadi tujuan kepindahan AK
• Klik tombol Proses untuk melakukan mutasi AK
• Setelah
langkah diatas, maka secara otomatis data AK dipindahkan ke
desa/kelurahan tujuan dan tidak ditampilkan dalam daftar AK
desa/kelurahan asal mutasi
• Di desa/kelurahan tujuan data AK hanya ditampilkan dalam daftar mutasi masuk data AK
• Agar data AK dapat ditampilkan dalam daftar AK desa/kelurahan tujuan, maka desa/kelurahan tujuan harus melakukan Mutasi è Masuk Desa/Kelurahan è Proses Mutasi AK
7.1.12 MUTASI KELUAR KEPALA KELUARGA
Mutasi
keluar KK adalah sebuah proses dimana KK dan seluruh anggotanya pindah
alamat. Proses mutasi keluar KK dapat dilakukan dengan cara sebagai
berikut :
• Letakkan kursor di Mutasi è Keluar Desa/Kelurahan
• Pilih submenu KK Pindah Alamat seperti gambar di bawah ini
Gambar 7.24 Menu Mutasi Keluar KK.
• Selanjutnya sistem akan menampilkan halaman daftar KK seperti berikut ini :
Gambar 7.25 Grid Daftar KK untuk Proses Mutasi Keluar.
Pilih KK yang akan dimutasikan dengan cara :
• Klik aikon
yang sebaris dengan KK yang akan dimutasi, misalnya JAUHARI KAIMANA
• Selanjutnya sistem akan menampilkan halaman sebagai berikut :
Gambar 7.26 Form Mutasi KK Pindah Alamat
• Pilih Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan dan Desa/Kelurahan yang menjadi tujuan kepindahan KK
• Kode Keluarga Sementara secara otomatis muncul jika kita klik Desa/Kelurahan Tujuan
• Isi Alamat Lengkap Tujuan, RW Tujuan dan RT Tujuan
• Klik tombol Proses untuk melakukan mutasi KK
• Setelah
langkah diatas, maka secara otomatis data KK dipindahkan ke
desa/kelurahan tujuan dan tidak ditampilkan dalam daftar KK
desa/kelurahan asal mutasi
• Di desa/kelurahan tujuan data AK hanya ditampilkan dalam daftar mutasi masuk data KK
• Agar data KK dapat ditampilkan dalam daftar KK desa/kelurahan tujuan, maka desa/kelurahan tujuan harus melakukan Mutasi è Masuk Desa/Kelurahanè Proses Mutasi KK
7.1.13 KK DAN ANGGOTA KELUARGA
KK
dan Anggota Keluarga adalah bentuk lain penyajian data kependudukan
yang merupakan gabungan antara data KK dan AK dalam bentuk
grid. Fasilitas ini diberikan untuk memudahkan pengguna dalam melakukan
peng-editan data KK dan AK yang sudah terdapat dalam
basisdata. Disamping itu fasilitas lain yang terdapat didalamnya adalah
pengaturan Kolom, Pengurutan data, ekspor data ke Microsoft Excel (XLS), Cetak data ke printer, pembuatan laporan rekapitulasi (Pengelompokan), navigasi halaman dan baris halaman serta Pencarian Cepat. Untuk dapat memanfaat fasilitas tersebut silahkan baca bab FITUR SISTEM. Bentuk grid KK dan Anggota Keluarga adalah sebagai berikut :
Gambar 7.27 Grid KK dan Anggota Keluarga.
7.1.14 LAPORAN DATA DASAR KELUARGA
Data
Dasar Keluarga yang telah di-entri dan tersimpan dalam basisdata dapat
dibuat laporan rekapitulasinya dan tatacara pembuatannya silahkan baca
bab FITUR SISTEM. Adapun daftar laporan yang terdapat dalam sistem ini rinciannya adalah sebagai berikut :
No
|
Nama Menu
|
Sub Menu
|
Sub-Sub Menu
|
Jenis Laporan
|
1
|
D D K
|
Entri Data
|
Rekapitulasi jumlah KK per RW/RT dan per Dusun
| |
KK dan Anggota Keluarga
|
Rekapitulasi jumlah penduduk per RW/RT, per Dusun dan per Usia
| |||
Laporan Kepala Keluarga
|
Kesejahteraan Keluarga
|
Rekapitulasi jumlah KK yang mendapatkan Beras Miskin, BLT/BLSM dan Peserta BPJS/Jamkesnas
| ||
Kondisi Fisik Rumah
|
Rekapitulasi kondisi fisik rumah KK berdasarkan jenis atap, dinding dan lantai
| |||
Kualitas Ibu Hamil dan Bayi
|
Rekapitulasi jumlah KK yang pernah memiliki Ibu Hamil, Bayi serta jenis-jenis penanganannya
| |||
Laporan Anggota Keluarga
|
Kelompok Umur
|
Rekapitulasi jumlah penduduk menurut jenis kelamin - kelompok umur
| ||
Kondisi Fisik
|
Rekapitulasi jumlah penduduk menurut jenis kelamin - kondisi fisik
| |||
Kondisi Kejiwaan
|
Rekapitulasi jumlah penduduk menurut jenis kelamin - kondisi kejiwaan
| |||
Golongan Darah
|
Rekapitulasi jumlah penduduk menurut jenis kelamin - golongan darah
| |||
Hubungan Keluarga
|
Rekapitulasi jumlah penduduk menurut jenis kelamin - hubungan keluarga
| |||
Kontrasepsi KB
|
Rekapitulasi jumlah penduduk menurut jenis kelamin - penggunaan kontrasepsi KB
| |||
Mata Pencaharian
|
Rekapitulasi jumlah penduduk menurut jenis kelamin - mata pencaharian
| |||
Pendidikan
|
Rekapitulasi jumlah penduduk menurut jenis kelamin - pendidikan
| |||
Status Perkawinan
|
Rekapitulasi jumlah penduduk menurut jenis kelamin - satus perkawinan
| |||
Tingkat Kelahiran
|
Grafik tingkat kelahiran penduduk per tahun dan merupakan hasil pengolahan dari Data Dasar Keluarga
| |||
2
|
Mutasi
|
Laporan
|
Mutasi Keluar
|
Laporan Penduduk/Kepala Keluarga yang pindah alamat keluar Desa/Kelurahan
|
Mutasi Masuk
|
Laporan Penduduk/Kepala Keluarga yang pindah alamat masuk ke Desa/Kelurahan
|
Misalnya kita ingin membuat laporan dari KK dan Anggota Keluarga yaitu dengan cara :
Gambar 7.28 Grid Pembuatan Laporan KK dan Anggota Keluarga.
• Klik tombol Pengelompokan
• Selanjutnya sistem akan menampilkan opsi pengelompokan
• Pilih jenis pengelompokannya
• Klik tombol Oke
• Selanjutnya sistem akan menampilkan halaman dengan tambahan tombol Rekapitulasi
• Klik tombol Rekapitulasi untuk melihat laporan
• Jika menginginkan dicetak di printer klik tombol Cetak
• Jika menginginkan diekspor ke file Microsoft Excel, klik tombol XLS
7.2 PEMBAHARUAN DATA POTENSI DAN PERKEMBANGAN
Pembaharuan data Potensi dan Tingkat Perkembangan hanya dapat dilakukan jika dan hanya entri
data DDK sudah mencapai 100 %. Dengan adanya fasilitas ini maka
kuesioner Potensi dan Tingkat Perkembangan yang berhubungan dengan DDK
tidak perlu lagi di-entri secara manual, tetapi dapat dilakukan secara
otomatis. Pengguna dapat melakukan pembaharuan secara keseluruhan atau
per bagian sesuai kebutuhan dengan cara memilih ceklis. Untuk melakukan
pembaharuan data dilakukan dengan cara sebagai berikut :
• Letakkan kursor di Menu DDK
• Klik Pembaharuan Data
• Setelah itu sistem akan menampilkan halaman sebagai berikut :
Gambar 7.29 Antarmuka Pembaharuan Data Potensi dan Tingkat Perkembangan.
• Pilih/klik semua ceklis atau bagian data Potensi dan Tingkat Perkembangan yang akan diperbaharui
• Klik tombol Proses Pembaharuan
• Secara otomatis data Potensi dan Tingkat Perkembangan akan terisi dengan Tanggal yang sesuai dengan tanggal dilakukannya proses pembaharuan
7.2 POTENSI DESA DAN KELURAHAN
Potensi
Desa dan Kelurahan merupakan modul kedua dari Profil Desa dan Kelurahan
secara keseluruhan. Data Potensi Desa dan Kelurahan terdiri atas
beberapa bagian yaitu :
• Potensi Umum
• Potensi Sumberdaya Alam
• Potensi Sumberdaya Manusia
• Potensi Kelembagaan
• Potensi Prasarana - Sarana
Untuk mengaktifkan menu Potensi Desa dan Kelurahan ini adalah dengan cara sebagai berikut :
• Letakkan kursor di menu Potensi
• Klik Entri Data
• Selanjutnya sistem akan menampilkan halaman beranda Potensi Desa dan Kelurahan dalam bentuk menu pohon sebagai berikut :
Gambar 7.30 Halaman Beranda Potensi Desa dan Kelurahan.
• Klik menu yang ada untuk menguraikan sub-menu yang terdapat didalamnya
• Menu pohon ini dapat disembunyikan atau diperlebar/diperkecil ukurannya, silahkan baca bab FITUR SISTEM
7.2.1 ENTRI DATA
Entri data Potensi Desa dan Kelurahan misalnya Iklim, Tanah dan Erosi, dilakukan dengan cara sebagai berikut :
• Klik Potensi Sumberdaya Alam, selanjutnya sistem akan menguraikan isi sub-menu yang terdapat didalamnya
• Klik Iklim, Tanah dan Erosi
• Selanjutnya sistem akan menampilkan halaman daftar data sebagai berikut :
Gambar 7.31 Menu Pohon dan Grid Iklim, Tanah dan Erosi.
Dari
gambar diatas dalam basisdata sudah ada datanya, untuk melakukan
entri/menyisipkan data baru dilakukan dengan cara sebagai berikut :
• Klik tombol Data Baru
• Selanjutnya sistem akan menampilkan halaman dalam bentuk form sebagai berikut :
Gambar 7.32 Menu Pohon dan Form Iklim, Tanah dan Erosi.
• Isi kolom Tanggal sampai dengan Luas Tanah yang Tidak Ada Erosi (Ha)
• Setelah selesai, klik tombol Simpan untuk menyimpan data yang sudah di-entri
• Tanda asterik warna merah menunjukkan kolom yang wajib diisi atau tidak boleh dikosongkan
• Selanjutnya sistem akan kembali menampilkan halaman daftar data termasuk data yang baru
7.2.2 EDIT DATA
Edit data Potensi Desa dan Kelurahan misalnya Iklim, Tanah dan Erosi, dilakukan dengan cara sebagai berikut :
• Klik aikon
yang sebaris dengan data yang akan di-edit
• Selanjutnya sistem akan menampilkan halaman data yang akan di-edit
• Perbaharui data di kolom yang diinginkan
• Klik tombol Simpan untuk menyimpan dan mengakhiri proses edit data
• Selanjutnya sistem akan kembali ke halaman sebelumnya
7.2.3 HAPUS DATA
Hapus data Potensi Desa dan Kelurahan misalnya Iklim, Tanah dan Erosi, dilakukan dengan cara sebagai berikut :
• Klik aikon
yang sebaris dengan data yang akan dihapus
• Selanjutnya sistem akan menampilkan halaman data yang akan dihapus
• Klik tombol Hapus
• Selanjutnya sistem akan menampilkan menu konfirmasi sebagai berikut :
Gambar 7.33 Menu Konfirmasi.
• Klik tombol Oke untuk menghapus data atau
• Klik tombol Batal untuk membatalkan proses penghapusan data
• Selanjutnya sistem akan kembali ke halaman sebelumnya
7.2.4 MENYALIN SATU BARIS DATA (1 RECORD)
Menyalin satu baris data Potensi Desa dan Kelurahan misalnya Iklim, Tanah dan Erosi, dilakukan dengan cara sebagai berikut :
• Klik aikon
yang sebaris dengan data yang akan disalin
• Selanjutnya sistem akan menampilkan halaman data yang akan disalin
• Klik tombol Salin Data
• Perbaharui/ubah kolom Tanggal menjadi tanggal saat ini
• Perbaharui/ubah data di kolom-kolom yang mengalami perubahan
• Klik tombol Simpan untuk menyimpan dan mengakhiri proses salin data
• Selanjutnya sistem akan kembali ke halaman sebelumnya, dimana data yang disalin sudah terdapat dalam basisdata
7.3 MENYALIN DATA ANTAR TAHUN
Menyalin data Potensi Desa dan Kelurahan antar tahun dilakukan dengan cara sebagai berikut :
• Letakkan kursor di menu Potensi
• Klik Salin Data Antar Tahun
• Selanjutnya sistem akan menampilkan halaman sebagai berikut :
Gambar 7.34 Antarmuka Salin Data Antar Tahun Potensi.
• Isi Dari Tahun dan Ke Tahun, dimana Dari Tahun nilainya harus lebih kecil dari Ke Tahun
• Klik tombol Proses untuk melakukan penyalinan data antar tahun
7.3 TINGKAT PERKEMBANGAN DESA DAN KELURAHAN
Tingkat
Perkembangan Desa dan Kelurahan merupakan modul ketiga dari Profil Desa
dan Kelurahan secara keseluruhan. Data Tingkat Perkembangan Desa dan
Kelurahan terdiri atas beberapa bagian yaitu :
• Perkembangan Kependudukan
• Ekonomi Masyarakat
• Produk Domestik Desa/Kelurahan Bruto
• Pendapatan Per Kapita
• Struktur Mata Pencaharian Menurut Sektor
• Dan lain-lain
Untuk mengaktifkan menu Tingkat Perkembangan Desa dan Kelurahan ini adalah dengan cara sebagai berikut :
• Letakkan kursor di menu Perkembangan
• Klik Entri Data
• Selanjutnya
sistem akan menampilkan halaman beranda Tingkat Perkembangan Desa dan
Kelurahan dalam bentuk menu pohon sebagai berikut :
Gambar 7.35 Halaman Beranda Tingkat Perkembangan.
• Klik menu yang ada untuk menguraikan sub-menu yang terdapat didalamnya
• Menu pohon ini dapat disembunyikan atau diperlebar/diperkecil ukurannya, silahkan baca bab FITUR SISTEM
7.3.1 ENTRI DATA
Entri data Tingkat Perkembangan Desa dan Kelurahan misalnya Penduduk dan Kepala Keluarga dilakukan dengan cara sebagai berikut :
• Klik Perkembangan Kependudukan, selanjutnya sistem akan menguraikan isi sub-menu yang terdapat didalamnya
• Klik Penduduk dan Kepala Keluarga
• Selanjutnya sistem akan menampilkan halaman daftar data sebagai berikut :
Gambar 7.36 Menu Pohon dan Grid Perkembangan Kependudukan.
Dari
gambar diatas dalam basisdata sudah ada datanya, untuk melakukan
entri/menyisipkan data baru dilakukan dengan cara sebagai berikut :
• Klik tombol Data Baru
• Selanjutnya sistem akan menampilkan halaman dalam bentuk form sebagai berikut :
Gambar 7.37 Menu Pohon dan Form Perkembangan Kependudukan.
• Isi kolom Tanggal sampai dengan Jumlah Kepala Keluarga (Perempuan) Tahun Lalu (KK)
• Setelah selesai, klik tombol Simpan untuk menyimpan data yang sudah di-entri
• Tanda asterik warna merah menunjukkan kolom yang wajib diisi atau tidak boleh dikosongkan
• Selanjutnya sistem akan kembali menampilkan halaman daftar data termasuk data yang baru
7.3.2 EDIT DATA
Edit data Tingkat Perkembangan Desa dan Kelurahan misalnya Penduduk dan Kepala Keluarga, dilakukan dengan cara sebagai berikut :
• Klik aikon
yang sebaris dengan data yang akan di-edit
• Selanjutnya sistem akan menampilkan halaman data yang akan di-edit
• Perbaharui data di kolom yang diinginkan
• Klik tombol Simpan untuk menyimpan dan mengakhiri proses edit data
• Selanjutnya sistem akan kembali ke halaman sebelumnya
7.3.3 HAPUS DATA
Hapus data Tingkat Perkembangan Desa dan Kelurahan misalnya Penduduk dan Kepala Keluarga, dilakukan dengan cara sebagai berikut :
• Klik aikon
yang sebaris dengan data yang akan dihapus
• Selanjutnya sistem akan menampilkan halaman data yang akan dihapus
• Klik tombol Hapus
• Selanjutnya sistem akan menampilkan menu konfirmasi sebagai berikut :
Gambar 7.38 Menu Konfirmasi.
• Klik tombol Oke untuk menghapus data atau
• Klik tombol Batal untuk membatalkan proses penghapusan data
• Selanjutnya sistem akan kembali ke halaman sebelumnya
7.3.4 MENYALIN SATU BARIS DATA (1 RECORD)
Menyalin satu baris data Tingkat Perkembangan Desa dan Kelurahan misalnya Penduduk dan Kepala Keluarga, dilakukan dengan cara sebagai berikut :
• Klik aikon
yang sebaris dengan data yang akan disalin
• Selanjutnya sistem akan menampilkan halaman data yang akan disalin
• Klik tombol Salin Data
• Perbaharui/ubah kolom Tanggal menjadi tanggal saat ini
• Perbaharui/ubah data di kolom-kolom yang mengalami perubahan
• Klik tombol Simpan untuk menyimpan dan mengakhiri proses salin data
• Selanjutnya sistem akan kembali ke halaman sebelumnya, dimana data yang disalin sudah terdapat dalam basisdata
7.4 MENYALIN DATA ANTAR TAHUN
Menyalin data Tingkat Perkembangan Desa dan Kelurahan antar tahun dilakukan dengan cara sebagai berikut :
• Letakkan kursor di menu Perkembangan
• Klik Salin Data Antar Tahun
• Selanjutnya sistem akan menampilkan halaman sebagai berikut :
Gambar 7.39 Antarmuka Salin Data Antar Tahun Tingkat Perkembangan.
• Isi Dari Tahun dan Ke Tahun, dimana Dari Tahun nilainya harus lebih kecil dari Ke Tahun
• Klik tombol Proses untuk melakukan penyalinan data antar tahundikutip dari https://pemerintahdesasukanegara.blogspot.co.id/2017/04/panduan-teknis-input-data-prodeskel.html
No comments:
Post a Comment